Pengaruh Bimbingan Belajar Online (Ruangguru) dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa di Sma N 3 Padang

Yendi, Meizi Syafri (2020) Pengaruh Bimbingan Belajar Online (Ruangguru) dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa di Sma N 3 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_MEIZI_SYAFRI_YENDI_16053018_1234_2020.pdf

Download (486kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh bimbel online terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 3 Padang, 2) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 3 Padang, 3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh bimbel online dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 3 Padang,. Jenis penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang mengikuti bimbel online (Ruangguru). Sampel yang digunakan sebanyak 58 orang dengan menggunakan proportional random sampling. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan : 1) hasil estimasi variabel bimbingan belajar online (Ruangguru) dengan probabilitas signifikansi sebesar 0,035. Nilai signifikansi 0,028 < 0,05 berarti menunjukkan bahwa variabel penggunaan bimbingan belajar online (Ruangguru) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar ekonomi, 2) hasil estimasi variabel minat belajar dengan signifikansi sebesar 0,015. Nilai signifikansi 0,015 < 0,05 menunjukkan bahwa variabel minat belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar ekonomi, 3) hasil estimasi variabel bimbingan belajar online (Ruangguru) dan minat belajar dengan probabilitas signifikansi sebesar 0,001. Nilai signifikansi 0,001 < 0,05 berarti menunjukkan bahwa variabel penggunaan bimbingan belajar online (Ruangguru) dan minat belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar ekonomi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Sep 2020 03:51
Last Modified: 08 Sep 2020 03:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28226

Actions (login required)

View Item View Item