Penggunaan Aplikasi Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 3 Bukittinggi.

Deswara, Rahmatul Atika (2019) Penggunaan Aplikasi Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 3 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_RAHMATUL_ATIKA_DESWARA_4696_15046065_2019.pdf

Download (263kB) | Preview

Abstract

Proses perkembangan teknologi informasi memberikan pengaruh pada kegiatan pembelajaran di sekolah. Kondisi ini semakin didukung dengan adanya penawaran akses internet murah dan mudah. Pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran mendorong terciptanya beragam media pembelajaran yang bisa dipilih guru untuk digunakan dalam pembelajaran yang efektif. Berbagai aplikasi pembelajaran online dibuat dan banyak juga lembaga atau institusi pendidikan yang sudah mulai menerapkan dan menambahkan sistem e-learning dalam pembelajaran formal dan reguler. Salah satu aplikasi pembelajaran e-learning adalah Aplikasi edmodo. Aplikasi edmodo merupakan suatu layanan gratis yang memungkinkan guru dapat menciptakan dan memelihara ruang lingkup kelas mereka sendiri dengan aman. Namun hal ini masih belum dibuktikan kebenarannya tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pendapat peserta didik mengenai keefektifan penggunaan aplikasi edmodo dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 3 Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan studi deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan sesuai dengan fakta yang ada dilapangan. Subjek penelitian 29 orang peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Bukittinggi. Instrumen pengumpulan data adalah angket tentang penggunaan aplikasi edmodo yang menggunakan skala Likert. Data diolah mengunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian tentang penggunaan aplikasi edmodo yang telah dilakukan peneliti di SMA Negeri 3 Bukittinggi maka diperoleh 1) Penggunaan aplikasi edmodo dalam pembelajaran sejarah dapat membantu peserta didik dalam mengakses materi pembelajaran sejarah dan alternatif sumber pembelajaran sejarah, 2) Berdasarkan indikator yang digunakan dalam penelitian ternyata penggunaan aplikasi edmodo bermanfaat bagi peserta didik dalam pembelajaran sejarah, 3) Aplikasi edmodo dapat membuat peserta didik memiliki kemampuan untuk belajar mandiri dan disiplin dalam pembelajaran. 4) Aplikasi edmodo dapat menghubungkan aktivitas belajar peserta didik baik di dalam maupun di luar sekolah. Dengan ini disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi edmodo dapat mempermudah peserta didik maupun pendidik dalam kegiatan pembelajaran sejarah. Disarankan kepada sekolah, guru, dan peneliti selanjutnya untuk dapat menggunakan aplikasi edmodo dalam pembelajaran sejarah maupun pembelajaran lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 01 Sep 2020 07:44
Last Modified: 01 Sep 2020 07:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28146

Actions (login required)

View Item View Item