Hubungan Konformitas Teman Sebaya dengan Motivasi Belajar di SMA Adabiah Padang

Laila, Yuhri (2019) Hubungan Konformitas Teman Sebaya dengan Motivasi Belajar di SMA Adabiah Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_YUHRI_LAILA_15006148_4861_2019.pdf

Download (233kB) | Preview

Abstract

Motivasi merupakan kebutuhan untuk mengembangkan kemampuan diri secara optimum, sehingga mampu berbuat yang lebih baik, berprestasi dan kreatif. Idealnya siswa lebih mandiri dalam belajar, kemauan belajar yang kuat. Pada kenyataannya banyak siswa yang masih bermalas malasan dalam belajar, memiliki masalah dalam belajar seperti mendapat nilai yang tidak memuaskan, bahkan ada siswa yang tidak memiliki tujuan atau cita-cita di dalam dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan Konformitas Teman Sebaya, (2) mendeskripsikan motivasi belajar, (3) menguji signifikansi hubungan Konformitas teman sebaya dengan motivasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian jenis deskriptif korelasional dengan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Adabiah Padang. Jumlah sampel sebanyak 219 siswa dipilih dengan menggunakan teknik Purposive Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket konformitas teman sebaya dan angket motivasi belajar . Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan teknik Pearson Product Moment dengan bantuan program SPSS For Windows 20.0. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa (1) konformitas teman sebaya siswa berada pada kategori sangat tinggi, (2) motivasi belajarberada pada kategori sangat tinggi, (3) terdapat hubungan yang positif signifikan antara konformitas teman sebayadengan motivasi belajar dengan koefisien korelasi 0,502 dan taraf signifikan 0,000.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 19 Aug 2020 02:27
Last Modified: 19 Aug 2020 02:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28034

Actions (login required)

View Item View Item