Mandasari, Desta (2019) Hubungan Self-control dengan Prokrastinasi Akademik Siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_05_DESTA_MANDASARI_15006117_4330_2019.pdf Download (482kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang cenderung ingin melakukan aktivitas sesuai dengan yang mereka inginkan dan sering kali mengabaikan pekerjaan yang tidak mereka sukai. Seperti mengabaikan tugas akademik yang diberikan oleh pihak sekolah. Tugas akademik seringkali dianggap enteng, sehingga mereka melakukan penundaan dalam mengerjakan tugas. Prokrastinasi akademik yang dilakukan oleh siswa SMP disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah rendahnya self-control (kontrol diri) yang dimiliki oleh siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prokrastinasi akademik siswa, mendeskripsikan self-control siswa, dan menguji hubungan self-control dengan prokrastinasi akademik siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan analisis deskriptif dan korelasional. Pada penelitian ini yang dideskripsikan adalah prokrastinasi akademik dan self-control siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII, VIII, dan IX SMP N 12 Padang yang berjumlah 833 siswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 270 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik proportional stratified random. Penelitian ini menggunakan dua teknik analisa data, yaitu analisa deskriptif dan analisa korelasional. Analisa deskriptif dilakukan dengan menggunakan rumus persentase. Sedangkan analisa korelasional menggunakan rumus product moment correlation dan perhitungannya dibantu dengan menggunakan program SPSS versi 20.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan (1) tingkat prokrastinasi akademik siswa SMP N 12 Padang secara umum berada pada kategori tinggi, (2) tingkat self-control siswa SMP N 12 Padang secara umum berada pada kategori rendah, dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara self-control dengan prokrastinasi akademik siswa SMP N 12 Padang dengan koefisien korelasi sebesar -0,141 dan taraf signifikansi sebesar 0,020.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli |
Date Deposited: | 18 Aug 2020 07:02 |
Last Modified: | 18 Aug 2020 07:02 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28025 |
Actions (login required)
View Item |