Efektivitas Layanan Penguasaan Konten dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Self Regulated Learning Siswa di SMP Negeri 7 Padang

Subtikasari, Asri (2019) Efektivitas Layanan Penguasaan Konten dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Self Regulated Learning Siswa di SMP Negeri 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_ASRI_SUBTIKASARI_15006002_2272_2019.pdf

Download (587kB) | Preview

Abstract

Kemampuan untuk mengatur diri sendiri dalam proses pembelajaran sangat diperlukan. Kemampuan ini disebut self regulated learning. Siswa sangat diharapkan memiliki pengaturan diri yang tinggi sehingga dapat berprestasi dan mendukung kemajuan di dunia pendidikan. Namun, kenyataan di lapangan banyak ditemukan siswa yang datang terlambat ke sekolah, berpenampilan tidak rapi, tidak mengerjakan PR dan tidak mempersiapkan diri sebelum belajar sehingga tidak optimal dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah. Hal ini akan menjadi faktor penghambat tercapainya prestasi dan hasil belajar siswa yang maksimal. Lalu akan berdampak pada self regulated learning yang tidak baik dalam belajar sehingga perlu adanya upaya untuk meningkatkan self regulated learning siswa. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan self regulated learning siswa salah satunya dengan menggunakan layanan bimbingan dan konseling. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen berjenis pre experiment dengan menggunakan the one group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 255 yaitu seluruh siswa kleas VIII di SMP Negeri 7 Padang, sample dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 7 Padang kelas VIII 7. Instrumen yang digunakan adalah angket tentang self regulated learning. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret-April 2019. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan rumus Wilcoxon Signed Rank Test dengan bantuan program Statistical Product and Service Solution (SPSS). Hasil penelitian menunjukkan pertama, kondisi self regulated learning siswa kelas VIII.7 SMP Negeri 7 Padang sebelum diberikan perlakuan layanan penguasaan konten dengan pendekatan contextual teaching and learning berada pada kategori sedang. Kedua, kondisi self regulated learning siswa kelas VIII.7 SMP Negeri 7 Padang setelah diberikan perlakuan layanan penguasaan konten dengan pendekatan contextual teaching and learning berada pada kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa layanan penguasaan konten dengan pendekatan contextual teaching and learning terbukti efektif untuk meningkatkan self regulated learning siswa kelas VIII.7 di SMP Negeri 7 Padang .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 18 Aug 2020 07:01
Last Modified: 18 Aug 2020 07:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28015

Actions (login required)

View Item View Item