Pengembangan Media pembelajaran Trainer Elektronika Dasar pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Elektronika di SMK.

Putri, Ade Ariska (2019) Pengembangan Media pembelajaran Trainer Elektronika Dasar pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Elektronika di SMK. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_ADE_ARISKA_PUTRI_16138001_2019.pdf

Download (784kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah jumlah media pembelajaran yang tersedia masih terbatas dan masih sangat sederhana untuk menunjang kegiatan pratikum siswa, trainer yang dimiliki masih kurang memadai dan kurang lengkap untuk digunakan dalam proses pembelajaran, dan minimnya usaha dari pihak sekolah untuk melengkapi media pembelajaran yang dibutuhkan siswa, khususnya pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan media trainer elektronika pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika yang valid, praktis, efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development), menggunakan model pengembangan IDI, melalui tahap penentuan yang terdiri dari tahap analisis karakteristik siswa dan analisis konsep, selanjutnya tahap pengembangan yang terdiri dari tahap perancangan dan validasi, selanjutnya tahap evaluasi yang terdiri dari tahap uji coba produk, praktikalitas dan efektivitas. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TITL di SMKN 1 Sumatera Barat. Data penelitian dikumpulkan melului instrumen validitas, instrumen praktikalitas, instrumen efektivitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis validitas, analisis praktikalitas, dan analisis efektivitas menggunakHasil penelitian menunjukkan bahwa uji validitas media trainer oleh validator, semua aspek dinilai “Valid”. Uji praktikalitas media trainer diperoleh dari respon guru dan respon siswa pada SMK Negeri 1 Sumatera Barat, berada dalam kategori “Praktis”. Hasil uji efektifitas media trainer diperoleh dari nilai pretest dan posttest siswa setelah mengunakan media trainer berada dalam kategori efektif. Kesimpulannya media trainer yang dikembangkan dapat digunakan pada proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kesimpulannya yaitu media trainer elektronika pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronan analisis uji gain score dan effect size. ika yang valid, praktis dan efektif memiliki keunggulan dari segi bentuk, ketajaman media dan dari segi komponen. Rekomendasi yang diberikan yaitu pemanfaatan media trainer dalam proses pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika oleh guru dan siswa, serta memperbanyak media trainer elektronika untuk mendukung proses pembelajaran oleh pihak sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 11 Aug 2020 03:04
Last Modified: 11 Aug 2020 03:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27954

Actions (login required)

View Item View Item