Pengaruh Penggunaan Metode Problem Solving terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Kelas V SDN 29 Saok Laweh Kabupaten Solok

Trisno, Trisno (2019) Pengaruh Penggunaan Metode Problem Solving terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Kelas V SDN 29 Saok Laweh Kabupaten Solok. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_TRISNO_14124086_6001_2019.pdf

Download (746kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran di kelas masih didominasi oleh pengajaran konvensional, guru jarang mengajak dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk berinteraksi, kolaborasi atau bekerjasama dengan teman sekelasnya. Motivasi belajar siswa masih kurang, terlihat siswa dalam proses belajar-mengajar tidak bersemangat, siswa cenderung pasif, siswa tidak mampu menuntaskan masalah dalam pembelajaran. Selain itu, dalam mengerjakan tugas pelajaran yang diberikan guru siswa mengerjakan tugas asal jadi, tidak tepat waktu dalam, sehingga hasil belajar siswa rendah. Hal seperti ini dapat menimbulkan kesan kepada siswa bahwa pelajaran matematika itu membosankan dan menakutkan. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh Hasil Belajar siswa yang diajar menggunakan metode Problem Solving dan Motivasi siswa yang diajar menggunakan metode Konvensional pada pembelajaran Matematika di kelas V SDN 29 Saok Laweh Kabupaten Solok. Jenis penelitian adalah quasy eksperiment. Populasinya adalah seluruh siswa kelas V yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 48 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purpose sampling. Data penelitian dikumpulkan menggunakan tes kemampuan awal dan tes kemampuan akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode Problem Solving memiliki motivasi yang lebih baik daripada hasil belajar dengan motivasi belajar siswa yang diajar dengan metode Konvensional dengan thitung sebesar 1,984 lebih besar dari ttabel sebesar 4,72 dengan taraf nyata α = 0,05. Hasil penghitungan pada tabel dengan menggunakan uji F diperoleh Fhitung sebesar 4,258. Sedangkan Ftabel yang diperoleh adalah 4,11. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode problem solving dengan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode konvensional Artinya terdapat perbedaan motivasi siswa yang diajar menggunakan metode problem solving dengan motivasi siswa yang diajar menggunakan metode konvensional pada pembelajaran matematika di Kelas V SD Negeri 29 Saok Laweh Kecamatan Kubung.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 29 Jul 2020 04:37
Last Modified: 29 Jul 2020 04:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27794

Actions (login required)

View Item View Item