Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Sekolah Menengah Kejuruan

Sumiati, Mery (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Sekolah Menengah Kejuruan. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_MERY_SUMIATI_16138124_969_2020.pdf

Download (564kB) | Preview

Abstract

Pada proses pembelajaran materi Dasar Listrik dan Elektronika, siswa terkendala dalam memahami materi pembelajaran karena media yang digunakan belum efektif, sehingga siswa tidak bisa belajar secara mandiri. Disamping waktu pembelajaran materi Dasar Listrik dan Elektronika yang hanya tersedia 4 jam pelajaran tiap minggunya, sehingga tidak semua materi dapat diserap secara optimal oleh siswa. Oleh karena itu pembelajaran perlu didukung oleh media yang cocok dan memadai untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran berbasis Mobile Learning yang valid, praktis dan efektif untuk mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan mengikut model Borg & Gall yang tersusun dalam beberapa langkah penelitian. Instrumen yang digunakan berupa angket validasi diberikan kepada ahli materi dan ahli media. Angket untuk mengukur praktikalitas diberikan kepada siswa dan guru mata pelajaran yang bersangkutan. Uuntuk mengukur efektivitas digunakan desain penelitian Quasi ekperiment dengan cara membandingkant hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Mobile Learning dinyatakan valid, praktis dan efektif untuk digunakan pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:33
Last Modified: 05 Apr 2021 00:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27779

Actions (login required)

View Item View Item