Korelasi Keterampilan Membaca Apresiatif dengan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas XI SMA Adabiah 2 Padang

Apriyenti, Lisa (2020) Korelasi Keterampilan Membaca Apresiatif dengan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas XI SMA Adabiah 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_LISA_APRIYENTI_16016016_148_2020.pdf

Download (695kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca apresiatif siswa kelas XI SMA Adabiah 2 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Adabiah 2 Padang. Ketiga, menjelaskan korelasi antara keterampilaan membaca apresiatif dengan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Adabiah 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan adalah desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Adabiah 2 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020, yaitu 187 orang siswa yang tersebar dalam enam kelas. Teknik penggambilan sampel dalam penelitian ini adalah proportionate stratified random sampling. Persentase sampel sebesar 20% dari populasi, yaitu 38 siswa. Instrumen penelitian ini ada dua, yaitu tes objektif untuk keterampilan membaca apresiatif, dan tes unjuk kerja untuk keterampilan menulis teks cerpen. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan membaca apresiatif siswa kelas XI SMA Adabiah 2 Padang berkualifikasi baik dengan rata-rata nilai 81,32. Kedua, keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Adabiah 2 Padang berkualifikasi baik dengan rata-rata nilai 82,24. Ketiga, terdapat korelasi yang signifikan antara keterampilan membaca apresiatif dengan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Adabiah 2 Padang pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) = n-1 karena thitung > ttabel, yaitu 5,03 > 1,68. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa keterampilaan membaca apresiatif memiliki korelasi yang signifikan (rhitung 0,643) dengan keterampilan menulis teks cerpen. Semakin baik keterampilan membaca apresiatif akan semakin baik pula keterampilan menulis teks cerpen. Dengan demikian, untuk keterampilan membaca apresiatif diperlukan keterampilan menulis teks cerpen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 01 Apr 2021 01:40
Last Modified: 01 Apr 2021 01:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27759

Actions (login required)

View Item View Item