Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Reaksi Oksidasi Reduksi Kelas X SMA/MA

Hidayanty, Melly (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Reaksi Oksidasi Reduksi Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
A_07_MELLY_HIDAYANTI_15035030_2780_2019.pdf

Download (106kB) | Preview

Abstract

Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Reaksi Oksidasi Reduksi Kelas X SMA/MA Oleh : Melly Hidayanti Reaksi Oksidasi Reduksi merupakan salah satu materi kimia yang bersifat abstrak. pembelajaran materi yang bersifat abstrak dapat dilakukan dengan menampilkan tiga level refresentasi kimia yaitu makroskopik, sub-mikroskopik dan simbolik. Salah satu media pembelajaran yang dapat menampilkan tiga level refresntasi kimia adalah powerpoint. Pada media powerpoint dapat diterapkan suatu model pembelajaran yang dapat menuntun siswa aktif dalam mencari dan menemukan konsep. Inkuiri terbimbing merupakan model pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 dan mampu menuntun siswa aktif dalam menemukan konsep. Jenis penelitian yang digunakan untuk mendapatkan produk merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 4-D. Instrumen penelitian ini berupa angket uji validitas dan uji praktikalitas. Media yang dikembangkan divalidasi oleh 5 orang validator, yaitu 3 orang dosen kimia dan 2 orang guru kimia. Angket uji praktikalitas diisi oleh 2 orang guru kimia dan 25 orang siswa kelas X IPA di SMAN 1 Sungai Aur. hasil uji validitas dan praktikalitas dianalisis menggunakan formula Kappa Cohen. Dari hasil analisis data uji validitas diperoleh rata-rata momen kappa sebesar 0,87 dengan kategori kevalidan sangat tinggi. Dari hasil analisis data uji praktikalitas terhadap guru diperoleh rata-rata momen kappa sebesar 0,97 dan terhadap siswa sebesar 0,94 dengan kategori kepraktisan sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis inkuiri terbimbing pada materi reaksi oksidasi reduksi yang dikembangkan sudah valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: mrs Mulida Jamarin
Date Deposited: 20 Jul 2020 07:33
Last Modified: 20 Jul 2020 07:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27745

Actions (login required)

View Item View Item