Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMK Negeri 9 Padang

Marizal, Yulia (2020) Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMK Negeri 9 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_YULIA_MARIZAL_16016129_191_2020.pdf

Download (676kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMK Negeri 9 Padang sebelum menggunakan model problem based learning berbantuan media audiovisual. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMK Negeri 9 Padang sesudah menggunakan model problem based learning berbantuan media audiovisual. Ketiga, menganalisis pengaruh penggunaan model problem based learning berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMK Negeri 9 Padang. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah One Group Pretest and Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 9 Padang yang terdaftar tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 174 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 32 orang siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini ada dua yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMK Negeri 9 Padang sebelum model problem based learning berbantuan media audiovisual (X1). Kedua, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMK Negeri 9 Padang sesudah model problem based learning berbantuan media audiovisual (X2). Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes keterampilan menulis teks eksplanasi sebelum dan sesudah menggunakan model problem based learning berbantuan media audiovisual. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks eksplanasi sebelum menggunakan model problem based learning berbantuan media audiovisual siswa kelas XI SMK Negeri 9 Padang berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan rata-rata 60,08. Kedua, keterampilan menulis teks eksplanasi sesudah menggunakan model problem based learning berbantuan media audiovisual siswa kelas XI SMK Negeri 9 Padang berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata 78,28. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis kerja (H_1) diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk)=(n-1) karena thitung>ttabel, yaitu 4,98>1,70. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran problem based learning berbantuan media audiovisual berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMK Negeri 9 Padang. Oleh karena itu, model ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran keterampilan menulis teks eksplanasi di tingkat SLTA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Jul 2020 07:41
Last Modified: 17 Jul 2020 07:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27718

Actions (login required)

View Item View Item