Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Seni Tari di Kelas VIII SMP Negeri 16 Padang

Putri, Meisri (2020) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Seni Tari di Kelas VIII SMP Negeri 16 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_MEISRI_PUTRI_15023098_1246_2020.pdf

Download (429kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Seni Tari di Kelas VIII SMP Negeri 16 Padang. Jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan post test. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi/pengamatan, tes dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi yang digunakan guru dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar tari siswa. Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I yaitu aktif dalam bergerak 63,3%, percaya diri dalam melakukan gerak 55%, keseriusan dalam melakukan gerak 65%, kerja sama dalam kelompok 76,6%. Setelah melakukan perbaikan, persentase aktivitas siswa meningkat yaitu aktif dalam bergerak 86,6%, percaya diri dalam melakukan gerak 83,3%, keseriusan dalam melakukan gerak 90%, kerja sama dalam melakukan kelompok 93,3%. Penggunaan metode demonstrasi di kelas VIII 7 juga berdampak pada nilai rata-rata hasil belajar siswa. Dapat dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar siswa di siklus I yaitu 60% meningkat pada siklus II menjadi 90%. Rata-rata hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode demonstrasi yaitu 73, setelah menggunakan metode demonstrasi pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa menjadi 77,1 dan pada siklus II meningkat menjadi 83,3 dengan kriteria nilai baik. Jadi dengan menggunakan metode demonstrasi pada pembelajaran seni tari dapat meningkatkan hasil belajar yang diperoleh oleh siswa kelas VIII 7, dan berhasil mencapai target yang ditetapkan peneliti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 15 Jul 2020 04:50
Last Modified: 15 Jul 2020 04:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27650

Actions (login required)

View Item View Item