Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Gambar Berseri terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Padang

lntanni, Nadya (2020) Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Gambar Berseri terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_NADYA_INTANNI_15016016_1045_2020.pdf

Download (575kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Padang sebelum menggunakan model discovery learning berbantuan media gambar berseri. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Padang sesudah menggunakan model discovery learning berbantuan media gambar berseri. Ketiga, menganalisis pengaruh penggunaan model discovery learning berbantuan media gambar berseri terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen the one group pretest-postest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah 160 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan nilai rata-rata ujian semester dan standar deviasi dari delapan kelas tersebut. Data dalam penelitian ini adalah skor tes keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Padang sebelum dan sesudah menggunakan model discovery learning berbantuan media gambar berseri. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes keterampilan menulis teks eksplanasi. Selanjutnya, data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Padang sebelum menggunakan model discovery learning berbantuan media gambar berseri berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan nilai rata-rata 59,67. Kedua, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Padang sesudah menggunakan model discovery learning berbantuan media gambar berseri berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 72,27. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis altematif (H1) diterima pada taraf kepercayaan dan derajat kebebasan (dk) = (n-1) karena thitung>ttabel (6,24> 1, 70). Dengan kata lain, model discovery learning berbantuan media gambar berseri berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:33
Last Modified: 05 Apr 2021 00:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27607

Actions (login required)

View Item View Item