Pengembangan Modul Pembelajaran Survey Pemetaan dengan Pendekatan Competency Based Training (CBT)

Albert, Ega (2019) Pengembangan Modul Pembelajaran Survey Pemetaan dengan Pendekatan Competency Based Training (CBT). Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_EGA_ALBERT_16138137_5066_2019.pdf

Download (856kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah survey pemetaan sehingga belum mampu menyelesaikan pengukuran dengan baik. Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar mahasiswa adalah mahasiswa cenderung kurang memahami isi materi yang terdapat pada modul pembelajaran karena materi pembelajaran pada modul belum spesifik. Untuk itu peneliti merasa perlu melakukan pengembangan terhadap modul. Pengembangan modul dilakukan dengan pembuatan sebuah sistem yang dapat mengintergrasikan kebutuhan individu dengan program pembentukan skill. Sistem tersebut adalah Competency Based Training (CBT). Pengembangan modul dengan pendekatan CBT sangat tepat diaplikasikan karena merupakan upaya terencana dan berkelanjutan untuk proses pembelajaran di Akademi Komunitas. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model pengembangan 4-D. Prosedur pengembangan 4-D terdiri dari 4 tahap yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), Dessiminate (Penyebaran). Subjek penelitianya adalah mahasiswa Teknik Pertambangan, Akademi Komunitas Negeri Sawahlunto. Teknik analisis data yang dipakai adalah teknik analisis deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan kevalidan dan kepraktisan. Untuk keefektifan dilakukan dengan uji-t yaitu dengan membagi kelas menjadi kelas kontrol dan eksperimen dengan hasil yang diperoleh peneliti dari penelitian pengembangan ini yaitu: (1). Menghasilkan sebuah modul dengan pendekatan Competency Based Training (CBT) pada mata kuliah Survey Pemetaan. (2) Validitas modul dengan pendekatan Competency Based Training (CBT) dinyatakan valid pada aspek materi didalam modul dengan total nilai validitas adalah 83 % dan pada aspek format modul dinyatakan valid dengan total nilai 79 %. (3) Praktikalitas modul dengan pendekatan Competency Based Training (CBT) berdasarkan dengan total nilai 90 % dinyatakan sangat praktis dan respon mahasiswa dinyatakan praktis dengan total nilai 85 %. (4) Efektivitas modul dengan pendekatan Competency Based Training (CBT) ini dinyatakan efektif dengan adanya peningkatan hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul dengan pendekatan Competency Based Training (CBT) dinyatakan valid, praktis, dan efektif dipakai sebagai modul pembelajaran pada mata kuliah Survey Pemetaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 06 Jul 2020 03:39
Last Modified: 06 Jul 2020 03:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27536

Actions (login required)

View Item View Item