Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII MTs/SMP

Rahmi, Muthia (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII MTs/SMP. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_MUTHIA_RAHMI_15205072_6510_2019.pdf

Download (569kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil analisis pendahuluan yang dilaksanakan di MTs 3 Solok, diperoleh informasi bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik belum tercapai secara optimal. Salah satu faktor penyebabnya adalah belum tersedianya perangkat pembelajaran yang dapat memfasilitasi peserta didik untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis. Hal tersebutlah yang mendasari untuk melakukan pengembangan perangkat pembelajaran matematika berupa Rencana Pelaksanan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta didik (LKPD) berbasis Penemuan terbimbing, yang akan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk dapat menemukan sendiri konsep dari materi yang dipelajari sehingga peserta didik dapat mengkomunikasikan pengetahuan tersebut baik secara lisan maupun tulisan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model Plomp yang terdiri dari fase preliminary research, fase prototype dan fase asessment. Tujuan dari penelitian ini diharapkan dapat memperoleh perangkat pembelajaran matematika berbasis penemuan terbimbing untuk kelas VIII MTs/SMP yang memiliki karakteristik valid, praktis dan efektif. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan yang telah dilaksanakan, diperoleh informasi bahwa perangkat pembelajaran sudah valid sari segi isi dan konstruk, sudah praktis dari segi keterlaksanaan dan kemudahan dalam penggunaannya, dan sudah efektif dari segi hasil ketuntasan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis penemuan terbimbing untuk kelas VIII MTs/SMP dapat dinyatakan valid, praktis dan efektif

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 02 Jul 2020 04:06
Last Modified: 02 Jul 2020 04:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27509

Actions (login required)

View Item View Item