Relevansi Kompetensi Lulusan Tata Boga SMK Negeri 9 Padang dengan Kebutuhan Dunia Usaha/Industri

Yasmin, Lutfia (2019) Relevansi Kompetensi Lulusan Tata Boga SMK Negeri 9 Padang dengan Kebutuhan Dunia Usaha/Industri. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_LUTFIA_YASMIN_16138147_4934_2019.pdf

Download (756kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih adanya lulusan Tata Boga SMK Negeri 9 Padang yang menganggur setelah tamat sekolah. Hal ini berbanding terbalik dengan tujuan SMK yaitu menyiapkan lulusan yang siap kerja. Hasil observasi kepada beberapa hotel di kota Padang juga menunjukkan bahwa terdapat beberapa keluhan dari pihak industri terkait dengan kinerja lulusan SMK, seperti lulusan yang masih banyak melakukan kesalahan di tempat kerja atau kedisiplinan lulusan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis relevansi kompetensi lulusan tata boga SMK Negeri 9 Padang dengan kebutuhan dunia usaha/industri. Penelitian ini adalah penelitian kombinasi kuantitatif dan kualitatif. Sumber data adalah pihak industri serta lulusan SMK Negeri 9 Padang yang bekerja di industri. Pengumpulan data kuantitatif menggunakan Dual response questioner yang berdasarkan Standart Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). Teknik analisis data kuantitatif yaitu analisis discrepancy (kesenjangan), analisis Direction (arah), dan analisis Priority (prioritas). Lalu selanjutnya dilakukan pengumpulan data kualitatif dengan wawancara dan dokumentasi. Data kualitatif dianalisis dengan menggunakan software NVivo 11. Hasil penelitian kuantitatif dan kualitatif menghasilkan tiga analisis data, yaitu: 1) kompetensi lulusan SMKN 9 Padang yang bekerja di tiga industri berbeda memiliki kompetensi yang baik, 2) kompetensi lulusan SMKN 9 Padang yang dibutuhkan oleh dunia kerja industri mencakup tiga aspek, yaitu kognitif (pengetahuan), sikap (afekftif), serta psikomotorik (keterampilan). Ketiga aspek tersebut dalam dunia kerja lebih dikenal dengan hard skill dan soft skill. Hasil analisis Direction (arah), diketahui bahwa kelima indikator SKKNI dibutuhkan oleh industri, 3) Hasil analisis discrepancy (kesenjangan) menunjukkan bahwa tidak terjadi kesenjangan yang tinggi antara kompetensi lulusan SMKN 9 Padang dengan kompetensi yang diharapkan indutri. Hasil wawancara kepada pihak industri dan lulusan SMKN 9 Padang menunjukkan bahwa secara umum pengetahuan dan keterampilan yang dipelajari di sekolah sudah relevan dengan kebutuhan industri.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 29 Jun 2020 03:18
Last Modified: 29 Jun 2020 03:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27445

Actions (login required)

View Item View Item