Pengembangan LKPD Larutan Penyangga Berbasis Guided Discovery Learning dengan Menggunakan Tiga Level Representasi Kimia untuk Kelas XI SMA.

Arta, Azizah (2019) Pengembangan LKPD Larutan Penyangga Berbasis Guided Discovery Learning dengan Menggunakan Tiga Level Representasi Kimia untuk Kelas XI SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_AZIZAH_ARTA_15035001_3032_2019.pdfA.pdf

Download (538kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD larutan penyangga berbasis guided discovery learning dengan menggunakan tiga level representasi kimia dan mengungkapkan tingkat validitas dan praktikalitas LKPD yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dan menggunakan model pengembangan 4-D. Model 4- D terdiri dari 4 tahap yaitu; tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan), tahap develop (pengembangan) dan tahap disseminate (penyebaran). Penelitian ini dibatasi sampai tahap develop yaitu uji validitas dan praktikalitas. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dalam bentuk lembar validitas dan praktikalitas. Uji validitas dilakukan oleh 3 orang dosen jurusan kimia FMIPA UNP, dan 2 orang guru kimia SMAN 5 Padang. Uji praktikalitas dilakukan pada 2 orang guru kimia dan 28 orang peserta didik kelas XII SMAN 5 Padang. Analisis data untuk uji validitas dan praktikalitas dilakukan dengan menggunakan formula kappa Cohen. Hasil uji validitas diperoleh nilai rata-rata moment kappa adalah 0,86 dengan kategori sangat tinggi. Hasil uji praktikalitas diperoleh nilai rata-rata moment kappa oleh guru dan peserta didik yaitu 0,80 dan 0,83 dengan kategori kepraktisan tinggi dan sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan LKPD yang dikembangkan valid dan praktis. Kata Kunci : LKPD berbasis Guided Discovery Learning, Tiga Level Representasi Kimia, Larutan Penyangga, Model 4-D.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 29 Jun 2020 03:17
Last Modified: 29 Jun 2020 03:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27436

Actions (login required)

View Item View Item