Pengaruh Penerapan LKS Laboratorium Virtual Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa Kelas X SMA Pertiwi 1 Padang.

Abdullah, Wahyu Dilla (2019) Pengaruh Penerapan LKS Laboratorium Virtual Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa Kelas X SMA Pertiwi 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_WAHYU_DILLA_ABDULLAH_15033131_1618_2019.pdfA.pdf

Download (684kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep siswa terhadap fisika masih tergolong rendah. Hal tersebut mungkin disebabkan karena pembelajaran belum sepenuhnya diiringi dengan kegiatan praktikum, belum adanya pedoman dalam pelaksanaan praktikum dan model pembelajaran yang digunakan guru kurang dapat mengajak dan membimbing siswa dalam menemukan dan memecahkan masalah fisika. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menerapkan LKS laboratorium virtual melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan LKS laboratorium virtual melalui model pembelaj aran inkuiri terbimbing terhadap pencapaian kompetensi siswa kelas X SMA Pertiwi 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimental design dengan rancangan penelitian One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh kelas X MIA di SMA Pertiwi 1 Padang tahun ajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian kelas X MIA 3 yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penilaian yang digunakan mencakup kompetensi sikap dengan lembar observasi, kompetensi pengetahuan melalui tes tertulis dan kompetensi keterampilan dengan lembar unjuk kerja. Analisis data yang digunakan adalah uji regresi dan korelasi untuk kompetensi pengetahuan dan keterampilan serta deskriptif untuk kompetensi sikap. Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk kompetensi sikap rata-rata siswa mengalami peningkatan setiap minggunya tidak hanya itu terdapat peningkatan hasil belajar pada kompetensi pengetahuan dan keterampilan setelah menggunakan LKS laboratorium virtual. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan penerapan LKS laboratorium virtual melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kompetensi siswa kelas X SMA Pertiwi 1 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 26 Jun 2020 12:42
Last Modified: 26 Jun 2020 12:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27387

Actions (login required)

View Item View Item