Pengembangan LKS Berbasis Konflik Kognitif pada Materi Fluida untuk Meningkatkan Literasi Baru Siswa Kelas XI SMA.

Asma, Siti (2019) Pengembangan LKS Berbasis Konflik Kognitif pada Materi Fluida untuk Meningkatkan Literasi Baru Siswa Kelas XI SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_SITI_ASMA_HANUM_15033128_5663_2019.pdfA.pdf

Download (815kB) | Preview

Abstract

Era revolusi industri 4.0 yang memandang teknologi informasi menjadi basis dalam kehidupan manusia. Pendidikan dituntut dapat meningkatkan sumber daya manusia yang berkuliatas. Kurikulum 2013 revisi 2017 merupakan upaya pemerintah untuk menjawab tuntutan era revolusi industri 4.0 yang bertujuan untuk membentuk karakter dan kompetensi serta literasi siswa. Namun, kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa literasi siswa belum terlaksana dengan baik. Salah satu solusi yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah mengembangkan LKS Fisika berbasis konflik kognitif Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan validitas, praktikalitas dan efektivitas terhadap LKS Fisika berbasis konflik kognitif. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian Development Research menggunakan model Plomp. Objek pada penelitian adalah LKS berbasis konflik kognitif. Sumber data hasil validasi dari tenaga ahli oleh dosen Fisika FMIPA UNP, hasil kepraktisan oleh guru Fisika, serta hasil kepraktisan one to one dan small group serta efektivitas oleh siswa kelas XI SMAN 7 Padang. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar uji validitas, lembar uji praktikalitas, dan lembar uji efektivitas berupa lembar tes konsep serta lembar kinerja literasi baru. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif untuk validasi dan kepraktisan produk serta teknik persentase dilihat perbedaan pretest dan posttest untuk mendapatkan gain tingkat pemahaman konsep siswa. Berdasarkan analisis data dari penelitian yang telah dilakukan dapat dikemukakan hasil penelitian. Pertama, LKS berbasis konflik kognitif mempunyai kevalidan yang sangat kuat dengan nilai rata-rata sebesar 88.69. Kedua, penggunaan LKS berbasis konflik kognitif mempunyai kepraktisan yang sangat kuat dengan nilai rata-rata menurut guru sebesar 86.58 dan siswa tahap one to one dan small group masing-masing sebesar 82, 14 dan 82, 14. Ketiga, penggunaan LKS berbasis konflik kognitif pada materi fluida efektif digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan literasi baru siswa. Jadi, dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis konflik kognitif pada materi fluida adalah valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan literasi baru siswa kelas XI SMA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 26 Jun 2020 12:42
Last Modified: 26 Jun 2020 12:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27386

Actions (login required)

View Item View Item