Hubungan Koordinasi Mata-Tangan dan Kelentukan Togok dengan Ketepatan Smash Olahraga Tenis Meja pada Klub Persatuan Tenis Meja Maju Jaya Bersama Kabupaten Lima Puluh Kota

Ikhsan, Muhammad (2020) Hubungan Koordinasi Mata-Tangan dan Kelentukan Togok dengan Ketepatan Smash Olahraga Tenis Meja pada Klub Persatuan Tenis Meja Maju Jaya Bersama Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_MUHAMMAD_IKHSAN_15087292_2020.pdf

Download (506kB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian kurangnya kemampuan smash dalam permainan tenis meja pada kemampuan smash tenis meja persatuan tenis meja maju jaya bersama kabupaten lima puluh kota. Dengan variabel koordinasi mata-tangan dan kelentukan togok terhadap kemampuan smash. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan koordinasi mata-tangan dan kelentukan togok terhadap kemampuan smash. Penelitian ini merupakan jenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adala sebanyak 20 orang. Pengambilan sampel ini di lakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen penelitian ini melalui tes standing trunk flexion untuk kelentukan togok, tes koordinasi mata-tangan dengan tes lempar tangkap bola tenis dan tes kemampuan smash dilakukan dengan tes kemampuan smash. Teknik analisa data menggunakan teknik analisis korelasi product moment (korelasi sederhana dan korelasi ganda) dengan taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian yaitu, 1) Terdapat hubungan yang signifikan antara koordinasi mata tangan dengan kemampuan smash pada klub persatuan tenis meja maju jaya bersama kabupaten lima puluh kota dengan nilai koefesien korelasi sebesar 0,85, dan koefesien distribusi thitung 6,93>ttabel1,90. 2) Terdapat hubungan yang signifikan antara kelentukan togok dengan kemampuan smash pada klub persatuan tenis meja maju jaya bersama kabupaten lima puluh kota dengan nilai koefesien korelasi sebesar 0,80, dan koefesien distribusi thitung 5,65>ttabel1,90. 3) Terdapat hubungan yang signifikan secara bersama-sama antara koordinasi mata-tangan dan kelentukan togok dengan kemampuan smash pada klub persatuan tenis meja maju jaya bersama kabupaten lima puluh kota dengan nilai koefesien korelasi sebesar 0,78, dan koefesien distribusi thitung 3,75 >ttabel3,59. Berdasarkan hasil penelitian sebaiknya dalam menerapkan program latihan juga harus diperhatikan komponendari kemampuan fisik atlet dan tidak hanya latihan teknik saja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 25 Jun 2020 03:54
Last Modified: 25 Jun 2020 04:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27327

Actions (login required)

View Item View Item