Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Ekskresi Kelas XI MAN 3 Pesisir Selatan.

Hadi, Vahmil Riffani (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Ekskresi Kelas XI MAN 3 Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_VAHMIL_RIFFANI_HADI_315031125_3108_2019.pdfA.pdf

Download (658kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran menurut arahan Kurikulum 2013 berdasarkan atas prinsip pembelajaran siswa aktif. MAN 3 Pesisir Selatan sudah menerapkan Kurikulum 2013 namun berdasarkan hasil observasi penulis menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 tidak berjalan seperti yang diharapkan. Permasalahan yang ditemukan adalah model pembelajaran yang diterapkan oleh guru dominan dengan metode ceramah sehingga membuat peserta didik jenuh dan kurang aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap kompetensi belajar peserta didik pada materi Sistem Ekskresi kelas XI MAN 3 Pesisir Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan rancangan penelitian Randomized Control Group Posttest Only Design dengan populasi seluruh kelas XI di MAN 3 Pesisir Selatan yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019, berjumlah dua kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik saturation sampling, yang terpilih adalah kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal posttest untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap dan keterampilan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Hasil uji t diketahui bahwa pada kompetensi pengetahuan thitung > ttabel (2,68> 1,67), pada kompetensi sikap thitung > ttabel (3,27> 1,67) dan pada kompetensi keterampilan thitung > ttabel (1,89> 1,67). Hal ini menunjukan bahwa hipotesis diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan terhadap kompetensi belajar peserta didik pada materi Sistem Ekskresi di MAN 3 Pesisir Selatan dengan a= 0,05. Kata Kunci : Picture and Picture, Kompetensi Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 24 Jun 2020 07:37
Last Modified: 24 Jun 2020 07:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27285

Actions (login required)

View Item View Item