Perbandingan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Pemberian Soal Bentuk Pilihan Ganda dan Soal Essay di SMP Negeri 6 Padang.

Shinta, Mutia Klara (2019) Perbandingan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Pemberian Soal Bentuk Pilihan Ganda dan Soal Essay di SMP Negeri 6 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_KLARA_SHINTA_1305678_3801_2019.pdfA.pdf

Download (810kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA peserta didik kelas VII SMP Negeri 6 Padang. Selain itu, kemampuan penguasaan dan pemahaman meteri peserta didik masih kurang dan lemah, hal ini mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Kemampuan penguasaan dan pemahaman materi juga dipengaruhi oleh sikap dan minat belajar peserta didik. Pada saat dilaksanakan proses pembelajaran, minat belajar dan motivasi peserta didik masih rendah, dimana saat proses pembelajaran peserta didik tidak fokus dan tidak memperhatikan guru saat menerangkan pelajaran di depan kelas. Penelitian bertujuan mengetahui perbandingan hasil belajar IPA peserta didik dengan pemberian soal bentuk pilihan ganda dan essay pada kelas VII SMPN 6 Padang pada KD 3 .2 mengenai materi klasifikasi makhluk hidup. J enis penelitian adalah penelitian eksprimen semu, dimana peneliti tidak sepenuhnya dapat mengontrol dan memanipulasi semua variabel-variabel yang mempengaruhi eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah randomized control group posttest only design. Populasi dalam penelitian adalah semua peserta didik kelas VII SMPN 6 Padang yang terdaftar pada TA 2019/2020 berjumlah 225 orang peserta didik yang terdistribusi kedalam tujuh kelas.Sampel penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel yang dilakukan berdasarkan kebutuhan peneliti. Pengumpulan data penelitian adalah data langsung dengan pemberian angket berupa soal tes yang diujikan terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas VII SMPN 6 Padang. Hasil penelitian kelas eksperimen 1 peserta didik dengan perlakuan menggunakan soal essay dan pada kelas eksperimen 2 perlakuan dengan soal pilihan ganda. Untuk melihat hasil belajar peserta didik maka kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 diberikan soal pilihan ganda. Hasilnya nilai rata-rata kelas eksperimen 1 lebih tinggi dari pada kelas eksperimen 2. Jadi, terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang diberikan kedua perlakuan ini yaitu pada kelas ekpserimen 1 = 79,68 dan kelas eksperimen 2 = 69,88. Dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang diberikan soal pilihan ganda yaitu 69,88 dan soal essay yaitu 79,68 pada siswa kelas VII SMP N 6 Padang. Kata kunci : Perbandingan, Hasil Belajar, Pilihan Ganda, Essay

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 24 Jun 2020 02:35
Last Modified: 24 Jun 2020 02:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27257

Actions (login required)

View Item View Item