Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle SE terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 5 Solok Selatan.

Mairosa, Brigita (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle SE terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 5 Solok Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_BRIGITA_MAIROSA_15031004_1998_2019.pdfA.pdf

Download (674kB) | Preview

Abstract

Permasalahan di SMAN 5 Solok Selatan yaitu model pembelajaran yang digunakan belum bervariasi, rendahnya minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran, rendahnya kompetensi belajar peserta didik dari aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Upaya yang dapat dilakukan yaitu menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 5E pada materi ekologi di SMAN 5 Solok Selatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap kompetensi belajar peserta didik pada materi ekologi di SMAN 5 Solok Selatan. Jenis penelitian nu adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental) dengan rancangan penelitian yaitu Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMAN 5 Solok Selatan yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 111 orang yang terkelompok dalam empat kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, yang terpilih kelas X MIP A 2 sebagai kelas eksperimen I dan kelas X MIP A 1 sebagai kelas eksperimen II (kontrol). Instrumen yang digunakan adalah berupa soal posttest untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap dan penilaian produk untuk kompetensi keterampilan. Hipotesis penelitian diuji menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan uji-t dapat disimpulkan pada kompetensi pengetahuan peserta didik nilai thitung 3,012 > 1tabel 1,67, dan pada kompetensi keterampilan thitung 3,67 > 1tabel 1,67. Pada kompetensi sikap didapatkan kelas eksperimen 83% kategori baik sedangkan kelas kontrol 72% dengan kategori cukup. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima pada kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan. Kesimpulan penelitian bahwa model pembelajaran Learning Cycle 5E berpengaruh positif terhadap kompetensi belajar peserta didik pada materi ekologi di SMAN 5 Solok Selatan. Kata kunci : Learning Cycle 5E, Kompetensi Be/ajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 24 Jun 2020 02:35
Last Modified: 24 Jun 2020 02:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27255

Actions (login required)

View Item View Item