Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Bermuatan Literasi Sains terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik di SMA Kartika 1-5 Padang.

Maharani, Annisa (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Bermuatan Literasi Sains terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik di SMA Kartika 1-5 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_ANNISA_MAHA_RANI_15031029_3130_2019.pdfA.pdf

Download (633kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari pada permasalahan yang terdapat dalam proses pembelajaran biologi yaitu masih rendahnya kompetensi belajar peserta didik dalam aspek pengetahuan, sikap maupun keterampilan yang diperoleh melalui hasil observasi. Upaya yang dapat dilakukan yaitu menerapkan model pembelajaran think talk write bermuatan literasi sains pada materi sistem reproduksi manusia di SMA Kartika 1-5 Padang. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh positif model pembelajaran think talk write bermuatan literasi sains terhadap kompetensi belajar peserta didik pada materi sistem reproduksi manusia di SMA Kartika 1-5 Padang. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian randomized control group posttest only design. Populasi penelitian seluruh kelas XI MIP A SMA Kartika 1-5 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019. Sampel pada penelitian ini adalah XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan XI MIP A 4 sebagai kelas kontrol yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa soal posttest untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap dan keterampilan. Hipotesis penelitian diuji menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian nilai rata-rata kompetensi pengetahuan peserta didik kelas eksperimen 76,97 sedangkan kelas kontrol 72,13 (1hitung 1,82 > 1tabel 1,67), nilai rata-rata kompetensi sikap pada kelas eksperimen 78,16 sedangkan kelas kontrol 71,32 (1hitung 2,30 > ttabel 1,67) dan nilai rata-rata kompetensi keterampilan kelas eksperimen 76,16 sedangkan kelas kontrol 69,77 (1hitung 1,80 > 1tabel 1,67). Kesimpulan penelitian bahwa model pembelajaran think talk write berpengaruh positif terhadap kompetensi belaj ar peserta didik pada materi sistem reproduksi di SMA Kartika 1-5 Padang. Kata kunci: Think Talk Write, Literasi Sains, Kompetensi Be/ajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 23 Jun 2020 08:33
Last Modified: 23 Jun 2020 08:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27241

Actions (login required)

View Item View Item