Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMPN 2 Payakumbuh.

Apriola, Rivela (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMPN 2 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_RIVELA_APRIOLA_15029112_3877_2019.pdfA.pdf

Download (604kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan kemampuan paling dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik. Namun kenyataannya, pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VII SMPN 2 Payakumbuh masih tergolong rendah dan proses pembelajaran belum terlaksana secara optimal. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dalam proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbedaaan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan peserta didik yang belajar dengan pembelajaran langsung dan mendeskripsikan perkembangan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT di kelas VII SMPN 2 Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah quasy experiment dan penelitian deskriptif dengan rancangan penelitian Static Group Design. Instrumen yang digunakan adalah tes dan kuis yang dinilai dengan rubrik penskoran. Data perkembangan pemahaman konsep matematis peserta didik dianalisis dan dideskripsikan melalui hasil kuis, sedangkan data hasil tes pemahaman konsep matematis dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan hasil kuis diperoleh bahwa perkembangan pemahaman konsep matematis peserta didik meningkat selama diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Dari analisis hasil tes pemahaman konsep matematis peserta didik diperoleh P - value = 0.001 . Artinya, pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik dibandingkan yang belajar dengan model pembelajaran langsung di kelas VII SMPN 2 Payakumbuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 23 Jun 2020 04:29
Last Modified: 23 Jun 2020 04:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27227

Actions (login required)

View Item View Item