Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik di Kelas VIII SMP Negeri 8 Padang.

Fadli, Muhammad (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik di Kelas VIII SMP Negeri 8 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_MUHAMMAD_FADLI_14029085_3480_2019.pdfA.pdf

Download (616kB) | Preview

Abstract

Kemampuan penalaran matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap peserta didik dalam pembelajaran matematika. Namun pada kenyataannya kemampuan penalaran matematis peserta didik kelas VIII SMPN 8 Padang belum optimal. Salah satu faktor yang menyebabkannya terjadi adalah pembelajaran yang belum sepenuhnya mampu memfasilitasi peserta didik mengembangkan kemampuan penalaran matematis dengan baik. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik salah satunya adalah dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan penalaran matematis peserta didik yang menggunakan pembelajaran discovery learning dengan kemampuan penalaran matematis yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 8 Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian Static Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VIII SMPN 8 Padang dengan sampel kelas VIII.E dan VIII.F. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan penalaran matematis yang berbentuk soal essay. Berdasarkan analisis data hasil tes akhir diperoleh bahwa pada taraf signifikan 0,05 dengan melakukan uji-t diperoleh P-value = 0,048 karena P-value < a maka Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis peserta didik yang belajar menggunakan model discovery learning lebih baik daripada yang belajar dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 8 Padang. Dalam hal ini, dapat disimpulkan bahwa model discovery learning memberikan pengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 23 Jun 2020 04:28
Last Modified: 23 Jun 2020 04:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27221

Actions (login required)

View Item View Item