Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Student Engagement pada Siswa SMAN 1 V Koto Kampung dalam Kabupaten Padang Pariaman.

Rahman, Ikram (2020) Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Student Engagement pada Siswa SMAN 1 V Koto Kampung dalam Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_IKRAM_RAHMAN_15011122_425_2020.pdf

Download (540kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan sosial teman sebaya terhadap student engagement pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode pendekatan analisis regresi sederhana. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 V Koto Kampung Dalam dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 103 orang (71 orang subjek perempuan dan 32 orang subjek laki-laki). Pengumpulan data menggunakan angket berskala tentang dukungan sosial teman sebaya (reliabilitas : 0,93) dan skala student engagement (reliabilitas : 0,88) yang disusun berdasarkan teori yang sudah ada. Data dianalisis dengan menggunakan teknik Analisis Regresi Sederhana yang dimaksudkan untuk mengetahui besamya pengaruh satu variabel terhadap variabel lainnya. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara dukungan sosial teman sebaya terhadap student engagement pada siswa. Koefisien korelasi sebesar 0,091 dengan nilai t sebesar 3 .183 dan nilai p=0,002 (p<0,05) yang berarti jika dukungan sosial teman sebaya yang diperoleh meningkat maka student engagement yang dimiliki siswa juga akan meningkat. Berdasarkan temuan tersebut disarankan kepada siswa untuk saling mendukung secara positif agar memiliki student engagement yang baik, untuk peneliti selanjutnya temuan ini dapat menjadi acuan dan mempertimbangkan variabel lain yang mungkin dapat mempengaruhi student engagement. 11

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 22 Jun 2020 03:24
Last Modified: 22 Jun 2020 03:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27186

Actions (login required)

View Item View Item