Persepsi Siswa Bystander tentang Perilaku Bullying

Lauren, Dwina Ivoni (2020) Persepsi Siswa Bystander tentang Perilaku Bullying. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_DWINA_IVONI_LAUREN_1200517_1396_2020.pdf

Download (712kB) | Preview

Abstract

Bullying adalah salah satu bentuk dari perilaku agresif dengan kekuatan dominan pada pelaku yang dilakukan secara berulang-ulang dengan tujuan mengganggu korban yang lebih lemah darinya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih ditemukannya perilaku bullying di sekolah seperti mengintimidasi, mempermalukan, mengej ek, pemberian julukan atau nama yang buruk dan penonton (bystander) yang diam saja ketika melihat perilaku bullying terjadi. Untuk mengatsi permasalahan tersebut, diperlukan pelayanan bimbingan dan konseling. Agar pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling berjalan efektif dan efisien perlu digambarkan secara akurat persepsi siswa bystander tentang perilaku bullying. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa bystander tentang perilaku bullying dari aspek kontak fisik langsung, verbal langsung, non- verbal langsung, non-verbal tidak langsung, dan pelecehan seksual. Penelitian ini tergolong pada penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini, yaitu seluruh siswa di SMP Negeri 7 Kerinci tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 233 orang. Jumlah sampel sebanyak 65 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan mengadministrasikan skala model Likert. Angket yang digunakan dalam penelitian ini adalah persepsi siswa bystander tentang perilaku bullying. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum siswa bystander di SMP Negeri 7 Kerinci tidak mendukung perilaku bullying. Tetapi, meski berada pada kategori tidak mendukung ada juga skor yang agak rendah. Implikasi dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai data untuk mengubah persepsi siswa bystander, yang awalnya bystander yang diam saja ketika melihat bullying dan bystander yang memberikan dukungan perilaku bullying menjadi bystander yang menolong korban bullying, melalui layanan informasi, bimbingan kelompok, dan layanan konseling kelompok. Kata Kunci : Persepsi, Bystander, Perilaku Bullying

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 19 Jun 2020 03:15
Last Modified: 19 Jun 2020 03:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27140

Actions (login required)

View Item View Item