Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP

Mulia, Muhammad Jaka (2020) Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_MUHAMMAD_JAKA_MULIA_15016118_1146_2020.pdf

Download (588kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Kedua, mendeksripsikan keterampilan menulis teks Deskripsi siswa kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Ketiga, mendeskripsikan korelasi antara keterampilan membaca pemahaman dan keterampilan menulis teks Deskripsi siswa kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah korelasional dua variabel. Populasi penelitian ini siswa kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah 142 siswa yang tersebar dalam lima kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 3 7 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik acak sederhana dengan presisi sebesar 25% menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis teks Deskripsi dan tes objektifketerampilan membaca pemahaman. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh tiga hal berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP berada pada kualifikasi baik (78,98). Kedua, keterampilan menulis teks Deskripsi siswa kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP berada pada kualifikasi baik (83,12). Ketiga, keterampilan membaca pemahaman memiliki korelasi dengan keterampilan menulis teks Deskripsi siswa kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP dengan derajat kebebasan n-2 pada taraf kepercayaan 95%. Nilai thitung lebih besar dari 1tabel yaitu 2,63 7 > 1,68 , dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima karena hasil pengujian membuktikan bahwa thitung lebih besar daripada 1tabel· Berdasarkan hasil uji-t dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman memiliki hubungan terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Hipotesis kerja (H1) yang berbunyi "Terdapat korelasi keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP" diterima. Ini berarti bahwa makin baik keterampilan membaca pemahaman siswa, maka makin baik pula keterampilan menulis teks Deskripsi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 31 Mar 2021 09:39
Last Modified: 31 Mar 2021 09:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27100

Actions (login required)

View Item View Item