Pengembangan Media Komik Strip Sebagai Media Pembelajaran Bermuatan Nilai-Nilai Karakter Bagi Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar

Yuliandari, Sintia (2020) Pengembangan Media Komik Strip Sebagai Media Pembelajaran Bermuatan Nilai-Nilai Karakter Bagi Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_SINTIA_YULLANDARI_15004016_691_2020.pdf

Download (794kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan pada proses Program Literasi kelas rendah SDN 05 Muarokalaban, terdapat permasalahan yaitu siswa belum sepenuhnya mengetahui 5 nilai-nilai karakter yang hams diketahui siswa dikelas rendah karena belum adanya buku khusus yang didalamnya terdapat muatan 5 nilai-nilai karakter. Selain itu, ada beberapa siswa yang kurang lancar membaca dan juga kurangnya minat baca siswa pada buku yang tidak memiliki gambar sehingga siswa tidak adanya ketertarikan untuk membaca, adapun siswa membaca buku bergambar tetapi siswa dominan melihat pada gambamya. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media pembelajaran yang valid dan praktis sesuai dengan kriteria kelayakan materi dan media pada program literasi yaitu media komik strip nilai-nilai karakter dikelas rendah SDN 05 Muarokalaban. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang dikenal dengan istilah Research and Development (R&D), menggunakan model pengembangan ADDIE yang disederhanakan sesuai dengan kebutuhan penelitian merujuk pada lima tahap pokok diantaranya, 1) tahap analisis, 2) perencanaan, 3) pengembangan, 4) implementasi, dan 5) evaluasi. Uji validitas produk dilakukan oleh 3 validator yaitu 1 orang validator ahli materi dan 2 orang validator ahli media. Uji coba produk dilakukan kepada 30 orang siswa kelas III di SDN 05 Muarokalaban. Berdasarkan basil penelitian dan pengembangan media komik strip sebagai media pembelajaran bermuatan nilai-nilai karakter dikelas rendah di SDN 05 Muarokalaban menunjukkan bahwa, basil uji validitas materi termasuk kriteria "sangatbaik"dengan nilai dari validator sebesar 4,44 (89%), untuk aspek media termasuk kriteria "sangat layak" dengan nilai dari validator I sebesar 5,00 (100%) dan validator II sebesar 4,61 (92%). Selanjutnya, untuk hasil uji kepraktisan produk berdasarkan uji coba yang telah dilakukan termasuk kriteria "sangat praktis" dengan nilai sebesar 4,61 (92%). dapat disimpulkan bahwa media komik strip sebagai media pembelajaran bermuatan nilai-nilai karakter dikelas rendah di SDN 05 Muarokalaban sudah layak digunakan dalam proses pembelajaran dan dapat membantu pembelajaran menjadi Iebih efektif dan menyenangkan. Kata Kunci Pengembangan, Media Pembelajaran, comic strip, nilai-nilai karakter

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 18 Jun 2020 02:57
Last Modified: 18 Jun 2020 02:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27084

Actions (login required)

View Item View Item