Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Cisco Packet Tracer pada Mata Pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan di SMK.

Mahendra, Beni (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Cisco Packet Tracer pada Mata Pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan di SMK. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_BENI_MAHENDRA_15004053_683_2020.pdf

Download (832kB) | Preview

Abstract

Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Cisco Packet Tracer dilakukan sebagai altematif dalam membantu proses pembelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan komputer di SMK. Beberapa permasalahan dalam proses pembelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan ditemukan oleh peneliti selama melakukan observasi di SMK Negeri 6 Padang di antaranya penggunaan media dalam aktivitas pembelajaran masih terbatas berupa slide ppt biasa. Pemanfaatan sarana yang tersedia juga belum maksimal hanya sebatas objek praktikum saja, diperlukan inovasi baru dalam proses pembelajaran jaringan komputer berupa simulasi virtual. Proses pembelajaran menjadi lebih menarik sehingga siswa menjadi mudah memahami materi dan menguasai keterampilan. Penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi cisco packet tracer pada mata pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan di SMK bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang valid dan praktis. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau jenis penelitian yang dikenal dengan istilah Research and Development (R&D), dalam prosesnya penelitian ini memakai model pengembangan 40 yang disesuaikan dengan kebutuhan penelitian merujuk pada empat tahapan yaitu, 1) tahap define, 2) tahap design, 3) tahap development, 4) dan tahap disseminate. Uji validitas produk dilakukan oleh tiga validator yaitu 1 orang validator ahli materi dan 2 orang validator ahli media. Uji coba produk dilakukan kepada 20 orang siswa kelas XI TKJ di SMK Negeri 6 Padang. Hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Cisco Packet Tracer menunjukkan bahwa, perolehan uji validitas media dikategorikan "sangat valid" dengan nilai dari validator I sebesar 4,80 (96%) dan dari validator II diperoleh nilai 4,87 (97,4%), sedangkan aspek materi dikategorikan "sangat baik" dengan nilai dari validator materi sebesar 4,70 (94%). Kemudian, untuk hasil uji penggunaan produk yang dilakukan kepada siswa juga dikategorikan "sangat praktis" dengan nilai sebesar 4,61 (92%). Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Cisco Packet Tracer telah layak digunakan dalam proses pembelajaran dan dapat membantu pembelajaran menjadi lebih efektif dan menarik. Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Cisco, simulasi Cisco.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 18 Jun 2020 02:56
Last Modified: 18 Jun 2020 02:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27076

Actions (login required)

View Item View Item