Meningkatkan Kemampuan Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah melaluiTeknik Modeling Berbasis Latihan bagi Anak Tunagrahita Sedang (Single Subject Research di Kelas VI/ C 1 SLB Perwari Padang)

Agustin, Youlanda (2020) Meningkatkan Kemampuan Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah melaluiTeknik Modeling Berbasis Latihan bagi Anak Tunagrahita Sedang (Single Subject Research di Kelas VI/ C 1 SLB Perwari Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_YOULANDA_AGUSTIN_15003079_1170_2020.pdf

Download (615kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di kelas VI/C 1 SLB Perwari Padang, seorang anak tungrahita sedang yang belum mampu dalam mejaga kebersihan lingkungan sekolahnya. Hal ini terlihat pada saat anak sedang menyapu di kelas yang mana anak belum mampu menyapu dengan baik dan benar. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen single subject research (SSR), dengan desain A-B-A, teknik data nya menggunakan analisis visual grafik. Subjek penelitian ini adalah anak tunagrahita sedang. Target behavior dalam penelitian ini adalah anak mampu menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Pengkuran variabel nya dengan menggunakan persentase dari jumlah butir instrumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan anak dalam menjaga kebersihan lingkungansekolahmengalami peningkatan. Terlihat pada kondisi baseline (Al) yang dilakukan empat kali pengamatan mendapatkan persentase 30%, persentase yang diperoleh anak masih rendah. Kemudian pada kondisi intervensi (B)dengandilakukandelapan kali pengamatan, persentase yang diperolehan meningkat dari kondisi awal. Begitu pun pada kondisi baseline (A2) yang dilakukan empat kali pengamatan,diperoleh persentase menjaga kebersihan lingkungan sekolah yang baik dan benar meningkat dari pada kemampuan awal, dan mendapat kanpersentase 80%. Berdasarkan data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa teknik modeling berbasis latihan dapat meningkatkan kemampuan dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah bagi anak tunagrahita sedang. Kata Kunci : teknik modeling berbasis latihan, kebersihan lingkungan sekolah, tunagrahita sedang. ii

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BS The Bible
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 17 Jun 2020 07:42
Last Modified: 17 Jun 2020 07:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27056

Actions (login required)

View Item View Item