Efektivitas Media Tangram dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bangun Datar pada Anak Berkesulitan Belajar Kelas IV SD N 15 Bukit Bais Kabupaten Solok. P

Mayalis, Siti (2020) Efektivitas Media Tangram dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bangun Datar pada Anak Berkesulitan Belajar Kelas IV SD N 15 Bukit Bais Kabupaten Solok. P. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_SITI_MAYALIS_15003138_921_2020.pdf

Download (577kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan anak berkesulitan belajar yang belum mampu mengenal bangun datar yang peneliti temukan di SD N 15 Bukit Bais Kabupaten Solok. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak berkesulitan belajar dalam mengenal bangun datar menggunakan media Tangram. Metode penelitian yang digunakan adalah Single Subject Research (SSR). Penelitian ini menggunakan desain A-B-A. Dimana kondisi baseline (Al) adalah kondisi awal siswa dalam mengenal bangun datar sebelum diberikan perlakuan. Kondisi intervensi (B) kondisi dimana siswa diberi perlakuan dalam mengenal bangun datar menggunakan media Tangram. Sedangkan baseline (A2) adalah kondisi kemampuan siswa setelah intervensi tidak lagi diberikan. Pada awal kondisi baseline (Al) untuk meningkatkan kemampuan menggunakan media Tangram dengan mean level 32, 14. Pada kondisi intervensi (B) dengan mean level 75,50, dan pada kondisi baseline (A2) dengan mean level 79,7 5. Hasil analisis data dalam kondisi dan antar kondisi memiliki estimasi kecendrungan arah, kecendrungan stabilitas, jejak data dan perubahan level yang menunjukkan peningkatan kemampuan mengenal anggota keluarga secara positif. Persentase overlape data pada kondisi baseline (A 1) 0%, dan kondisi baseline (A2) adalah 71,42%. Dengan demikian hipotesis diterima, berarti media Tangram efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal bangun datar bagi anak berkesulitan belajar kelas IV SD N 15 Bukit Bais Kabupaten Solok. Kata Kunci: mengenal bangun datar, media Tangram, anak berkesulitan belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BS The Bible
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 17 Jun 2020 07:26
Last Modified: 17 Jun 2020 07:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27050

Actions (login required)

View Item View Item