Efektivitas Penggunaan Media Slime untuk Melatih Kemampuan Motorik Halus dalam Menulis Permulaan Siswa Cerebral Palsy Ringan di SLB Hikmah Miftahul Jannah Padang.

Manef, Shintia Febri (2020) Efektivitas Penggunaan Media Slime untuk Melatih Kemampuan Motorik Halus dalam Menulis Permulaan Siswa Cerebral Palsy Ringan di SLB Hikmah Miftahul Jannah Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_SHINTIA_FEBRI_MANEF_15003104_1302_2020.pdf

Download (687kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang media slime untuk meningkatkan kemampuan motorik halus pada menulis permulaan anak cerebral palsy ringan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperiman. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan media slime efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus dalam menulis permulaan pada anak cerebral palsy ringan. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen berbentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan melalui tes perbuatan dan studi dokumentasi yang diamati langsung dilakukan selama 18 kali pertemuan. Kondisi baseline (Al) untuk mengetahui kondisi awal kemampuan motorik halus anak cerebral palsy ringan, selanjutnya diberikan intervensi (B) atau perlakuan dengan menggunakan media slime dan dilanjutkan dengan kondisi baseline (A2) sebagai fase kontrol untuk mengetahui kemampuan motorik halus anak setelah diberikan intervensi atau perlakuan. Kemudian data diolah menggunakan presentase dan teknik analisis data visual grafik. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan motorik halus dalam menulis permulaan anak dengan menggunakan medis slime. Dalam 18 kali pertemuan anak mendapatkan hasil pada pertemuan pertama dan kedua anak mendapatkan hasil 16,66%, pada pertwmuan ketiga sampai kelima anak mendapatkan hasil 25%. Kemampuan anak mulai meningkat saat pertemuan ke enam dan ketujuh anak mendapatkan hasil 33,33%. Peretmuan kedelapan 41,65%, pertemuan kesembilan 50%, pertemuan kesepuluh 62,5%, pertemuan kesebelas 75% dan pertemuan kedua belas sampai empat belas 83,33% .. Pada pertemuan keempat belas 75% dan pertemuan lima belas sampai 18 83,33. Kata Kunci : Media Slime, Menulis Permulaan, anak Cerebral Palsy ringan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 17 Jun 2020 04:06
Last Modified: 17 Jun 2020 04:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27039

Actions (login required)

View Item View Item