Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus melalui Kegiatan Kolase bagi Anak Tunagrahita sedang Kelas 111/C.1 di SLB Hikmah Reformasi Padang (classroom action research)

Andriani, Nova (2020) Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus melalui Kegiatan Kolase bagi Anak Tunagrahita sedang Kelas 111/C.1 di SLB Hikmah Reformasi Padang (classroom action research). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_NOVA_ANDRIANI_14003105_1360_2020.pdf

Download (620kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangioleh permasalahanadanya siswa tunagrahita sedangkelas III C.1 yang mengalami kesulitan dalam kemampuan motorik halus pada kegiatan kolase.Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan motorik halus bagi siswa tunagrahita sedang di kelas IIIC.1 SLB Hikmah Reformasi Padang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan dalam bentuk kolaborasi dengan guru kelas. Subjek penelitian yaitu seorang tiga orang siswa tunagrahita sedang dan guru kelas IIIC. lData diperoleh melalui observasi, dan tes.kemudian dianalisis secara kulitatif dan kuantitatif Penelitian dilakukan selama dua siklus. Siklus I yang dilaksanakan empat kali pertemuan. Berdasarkan nilai rata-rata yang diperoleh siswa diakhir siklus I siswa sudah mampu menunjukkan alat dan bahan, menempelkan biji satu persatu pada pola gambar masih dengan bantuan guru. Pada siklus II dilakukan lima kali pertemuan. Pada siklus II ini siswa mengalami peningkatan yaitu siswa sudah mampu menyebutkan dan menunjukkan dengan benar perlengkapan alat dan bahan kegiatan kolase secara mandiri, menempel biji-bijian pada kertas yang berpola gambar, memberi lem pada sebagian bidang gambar yang akan ditempel biji, mengambil biji satu per satu menggunakan dua jari. Dari hasil penyajian dan analisis data dapat dibuktikan bahwa kegiatan ko lasedapat meningkatkan kemampuan motorik halus bagi siswa tunagrahita sedang di kelas IIIC.1 SLB Hikmah Reformasi Padang. Dengan demikian, dapat disarankan kepada guru dan peneliti selanjutnya untuk dapat menggunakan kegiatan kolasedalam meningkatkan kemampuan motorik halus bagi anak tunagrahita sedang. xiv

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 16 Jun 2020 08:24
Last Modified: 16 Jun 2020 08:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27008

Actions (login required)

View Item View Item