Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Bahasa Isyarat Arab Bagi Siswa Tunarungu

Faradisya, Popy Purna (2020) Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Bahasa Isyarat Arab Bagi Siswa Tunarungu. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_POPY_PURNA_FARADISYA_1300152_5412_2019.pdf

Download (638kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan yang peneliti temukan di SLB Negeri 1 Pariaman, seorang siswa tunarungu mengalami masalah dalam mengenal huruf hijaiyah. Kemampuan siswa tergolong rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahasa isyarat Arab mampau meningkatan kemampuan mengenal huruf hijaiyah bagi siswa tunarungu. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen Single Subject Research dengan desain A-B-A. Data dianalisis dengan analisis visual grafik. Penilaian dalam penelitian ini dengan pencatatan data jumlah soal yang dijawab benar. Hasil penelitian pada kondisi baseline (A) siswa memperoleh hasil yang rendah pada kondisi intervensi (B) siswa mengalami peningkatan kemampuan yang tajam dan pada kodisi baseline (A2) siswa mengalami peningkatan kemampuan namun tidak terlalu signitkan. Berdasarkan data tersebut menunjukkan bahwa, bahasa isyarat Arab dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 31 Mar 2021 09:39
Last Modified: 31 Mar 2021 09:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26908

Actions (login required)

View Item View Item