Valta, Widiarti Andes (2011) Peningkatan Hasil Belajar siswa melalui Pendekatan lingkungan dalam pembelajaran IPS di Kelas IV SDN 31 Kamang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_WIDIARTI_ANDES_VALTA_09949_2011.pdf [thumbnail of final_B1_WIDIARTI_ANDES_VALTA_09949_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_WIDIARTI_ANDES_VALTA_09949_2011.pdf
Download (160kB)
Abstract
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SD masih bersifat konvensional.
Pembelajaran masih berpusat kepada guru, sehingga membosankan bagi siswa. Untuk
itu peneliti tertarik untuk memperbaiki proses pembelajaran IPS khususnya
pembelajaran mengenal aktivitas ekonomi dalam pemanfaatan sumber daya alam
melalui pendekatan lingkungan. Pendekatan lingkungan dirasakan mampu mengatasi
persoalan yang ada. Pada peningkatan hasil belajar IPS melalui pendekatan
lingkungan dengan teknik survey terdapat 3 langkah yaitu: langkah merencanakan
survey, menjalankan survey dan follow-up.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif.
Data penelitian berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang
diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes, diskusi dan dokumentasi. Sumber data
adalah proses pelaksanaan pembelajaran IPS melalui pendekatan lingkungan di kelas
IV SDN 31 Kamang. Subjek peneliti terdiri dari siswa kelas IV SDN 31 Kamang
yang berjumlah sebanyak 38 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan
model analisis data. Prosedur penelitian dilakukan melalui 4 tahap yaitu 1)
perencanaan 2) pelaksanaan 3) pengamatan 4) refleksi.
Hasil penelitian yang dilakukan persentase rata-rata kelas hasil belajar siswa
pada siklus I pertemuan 1 dengan materi kegiatan ekonomi adalah 68% pada siklus I
pertemuan 2 dengan materi sumber daya alam adalah 82%, siklus II pertemuan 1
dengan materi pemanfaatan sumber daya alam adalah 95% pada siklus II pertemuan 2
adalah 96%. Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini adalah pendekatan
lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran IPS di SD.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 14 Oct 2025 08:57 |
Last Modified: | 14 Oct 2025 08:57 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26906 |