Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Self-Confidence Peserta Didik Terna 3 di Kelas IV Sekolah Dasar

Gingga, Prananda (2020) Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Self-Confidence Peserta Didik Terna 3 di Kelas IV Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_GINGGA_PRANANDA_18124018_1160_2020.pdf

Download (696kB) | Preview

Abstract

Selain keterampilan berpikir kritis terdapat juga aspek Self-Confidence yang memberikan kontribusi terhadap keberhasilan peserta didik dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Pengaruh keterampilan berpikir kritis peserta didik pada Terna 3 menggunakan model Discovery Learning; (2) Pengaruh keterampilan berpikir kritis peserta didik pada Terna 3 yang memiliki Self-Confidence tinggi menggunakan model Discovery Learning; (3) Pengaruh keterampilan berpikir kritis peserta didik pada Terna 3 yang memiliki Self- Confidence rendah menggunakan model Discovery Learning; (4) Interaksi antara model Discovery Learning dan Self-Confidence terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada Terna 3. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan rancangan The Static Group Comparison Design. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas IV SDN 43 Sungai Sapih. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah jenis porposive sampling. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan jenis random sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) KBK peserta didik pada Terna 3 menggunakan model DL lebih baik dengan rata-rata 69,2 daripada pembelajaran konvensional dengan rata-rata 64,8 dan t hitung 4,09 dan t tabel 1,708; (2) KBK peserta didik pada Terna 3 yang memiliki Self-Confidence tinggi menggunakan model DL lebih baik dengan rata-rata 86,39 daripada pembelajaran konvensional dengan rata-rata 83,74 diperoleh t hitung = 6,895 dan t tabel = 1,675; (3) KBK peserta didik pada Terna 3 yang memiliki Self-Confidence rendah menggunakan model DL lebih baik dengan rata-rata 67 ,91 daripada pembelajaran konvensional dengan rata-rata 63,29 diperoleh t hitung = 3,71 dan t tabel = 2,56; (4) Terdapat interaksi antara model DL dan Self-Confidence terhadap KBK peserta didik pada Terna 3 diperoleh F hitung = 111,9 > Ftabel = 2, 11. Hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima. 11

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 12 Jun 2020 12:40
Last Modified: 12 Jun 2020 12:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26903

Actions (login required)

View Item View Item