Satria, Dede and Amsyaruddin, Amsyaruddin and Marlina, Marlina (2018) Meningkatkan Keterampilan Membuat Kotak Tisu Melalui Pendekatan PAKEM Bagi Anak Tunarungu. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2 (1). pp. 22-25. ISSN print: 2598-5183 - online 2598-2508
|
Text
2018 Artikel di Juppekhu Meningkatkan Keterampilan Membuat Kotak Tisu MelaluiPendekatan PAKEM Bagi Anak Tunarungu.pdf Download (219kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di lapangan, adanya guru kelas yang kurang memiliki keterampilan dan ilmu pengetahuan tentang membuat kotak tisu dari koran bekas, sehingga mengakibatkan anak tunarungu juga mengalami masalah dalam membuat kotak tisu dari koran bekas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Proses pembelajaran membuat kotak tisu pada anak tunarungu kelas VIII dilakukan dengan pendekatan PAKEM. 2). Hasil keterampilan membuat kotak tisu dari koran bekas meningkat melalui pendekatan PAKEM. Maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran keterampilan melalui pendekatan PAKEM dapat meningkatkan keterampilan membuat kotak tisu dari koran bekas.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1 |
Depositing User: | Mrs. Wiwi Sartika |
Date Deposited: | 11 Jun 2020 03:18 |
Last Modified: | 11 Jun 2020 03:18 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26831 |
Actions (login required)
View Item |