Pengaruh Model Pembelajaran Somatic,Auditori,Visual, Intelektual dan Gaya Belajar Terhadap Kompetensi Belajar di SMPN 1 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya

Victorina, Aulia (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Somatic,Auditori,Visual, Intelektual dan Gaya Belajar Terhadap Kompetensi Belajar di SMPN 1 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_AULIA_VICTORINA_17177005_3026_2019.pdf

Download (753kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi peserta didik dalam pembelajaran, gaya belajar peserta didik yang beragam, kurang efektifnya metode pembelajaran yang digunakan oleh pendidik, pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Somatic, Auditori, Visual, Intelektual terhadap kompetensi belajar dari peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk eksperimen semu dengan rancangan penelitian Factorial Design 2 x 3. Populasi peserta didik kelas VII SMPN 1 Koto Baru yang terdaftar pada tahun 2018/2019. Pengambilan dua kelas sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa tes tertulis dan lembar observasi. Teknik analisis data untuk kompetensi pengetahuan menggunakan uji anova dua arah dan untuk kompetensi sikap serta keterampilan menggunakan uji Mann Whitney U dengan bantuan software SPSS 16. Kompetensi ranah pengetahuan, sikap dan keterampilan peserta didik yang mengikuti model pembelajaran Somatic, Auditori, Visual, Intelektual berpengaruh positif secara signifikan daripada peserta didik yang mengikuti pembelajaran konvensional. Nilai rata-rata kompetensi ranah pengetahuan kelas eksperimen adalah 80,87 sedangkan kelas kontrol dengan nilai rata-rata 74,80. Nilai rata-rata kompetensi ranah sikap pada kelas eksperimen dengan kategori baik (3, 11) dan pada kelas kontrol dengan kategori cukup (2,79). Nilai rata-rata kompetensi ranah keterampilan peserta didik kelas eksperimen dengan kategori baik (3,00) sedangkan kelas kontrol dengan kategori baik (2,70). Jadi dapat disimpulkan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran SAVI dapat meningkatkan kompetensi belajar ranah pengetahuan peserta didik; (2) Penerapan model pembelajaran SAVI dapat meningkatkan kompetensi belajar ranah sikap peserta didik; (3) Penerapan model pembelajaran SAVI dapat meningkatkan kompetensi belajar ranah keterampilan peserta didik. 11

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 11 Jun 2020 03:24
Last Modified: 11 Jun 2020 03:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26792

Actions (login required)

View Item View Item