Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Tematik Terpadu di Kelas V SDN 09 Koto Rajo.

Yuliza, Yuliza (2020) Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Tematik Terpadu di Kelas V SDN 09 Koto Rajo. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_YULIZA_18124059_362_2020.pdf

Download (753kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan guru dalam menciptakan siswa yang aktif dan mandiri dalam proses pembelajaran di kelas. Guru kurang berusaha mengaitka nmater iyang diajarkandengansituasidunia nyatasiswa. Guru kurang memberikan kesempatan pada siswa untuk menemukan konsep sendiri serta masih terlihat pemisahan antara bidang studi yang diajarkan sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini adalahuntuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian didahului dengan perancanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa hasil observasi, dan hasil tes. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester II Tahun Ajaran 2018/2019. Subjek penelitian adalah guru kelas selaku observer, peneliti selaku praktisi, dan siswa kelas V sebanyak 20 orang yang terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 8 orang siswa perempuan. Hasil penelitian siklus I pada RPP rata-rata 79,16% (cukup), meningkat pada siklus II menjadi 84,72% (baik) dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 91,67% (sangat baik). Pelaksanaan siklus I pada aktivitas guru rata-rata 77,50% (cukup), meningkat pada siklus II menjadi 85% (baik) dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 95% (sangat baik). Pelaksanaan siklus I pada aktivitas siswa rata-rata 75% (cukup), meningkat pada siklus II menjadi 85% (baik) dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 95% (sangat baik). Hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata 73,65 (cukup), meningkat pada siklus II menjadi 79,40 (baik) dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 85,30 (baik). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V Sekolah Dasar. Kata Kunci : Pembelajaran Berbasis Masalah, Aktivitas, Hasil Belajar, Sekolah Dasar, ii

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 10 Jun 2020 04:51
Last Modified: 10 Jun 2020 04:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26784

Actions (login required)

View Item View Item