Pelaksanaan Langkah SP Metode Wafa Dalam Stimulasi Pengenalan Huruf Hijaiah Kelompok A di Sekolah Alam TKIT Ar-Royyan Pegambiran Padang

Sari, Ika mutiara (2020) Pelaksanaan Langkah SP Metode Wafa Dalam Stimulasi Pengenalan Huruf Hijaiah Kelompok A di Sekolah Alam TKIT Ar-Royyan Pegambiran Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_IKA_MUTIARA_SARI_15022090_4472_2019.pdf

Download (574kB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan langkah SP metode Wafa dalam stimulasi pengenalan huruf hijaiah kelompok A di Sekolah Alam TKIT Ar-Royyan Pegambiran Padang. Langkah SP metode Wafa adalah metode yang bertujuan untuk memaksimalkan fungsi otak kanan tanpa mengesampingkan otak kiri anak yang dipadukan secara menarik dan menyenangkan. Sekolah Alam TKIT Ar-Royyan merupakan salah satu sekolah yang menggunakan langkah SP metode Wafa dalam pengenalan huruf hijaiahnya. Penggunaan metode Wafa barn diterapkan dalam waktu memasuki S tahun karena sebelumnya menggunakan metode Iqra'. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, beserta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Miles dan Huberman dalam Sugiyono yaitu terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, tahap pembukaan (Pl)bertujuan untuk membuat anak lebih siap dan matang dalam menerima materi yang akan diberikan dengan kegiatan seperti berdoa sebelum belajar, sapaan pagi misalnya menanyakan kabar anak, apakah anak sudah sarapan atau belum, siapa yang mengantar anak ke sekolah, dan lainnya. Kedua, tahap pengalaman (P2) bertujuan untuk merangsang rasa ingin tahu anak anak dengan menggunakan kata motivasi di awal proses belajar mengajar lalu dilanjutkan dengan mengulang materi sebelumnya pada anak keterangan penilaian anak L (lancar) dan anak penilaian KL (kurang lancar). Ketiga, tahap pengajaran (P3) dilakukan dengan penjelasan diawal oleh ustazah lalu dilanjutkan dengan memberikan pertanyaan terkait huruf hiajaiah kepada anak secara berulang-ulang sehingga anak ingat dengan huruf hijaiah tersebut. Keempat, tahap penilaian (P4) diberikan ustazah dengan memberikan simbol kepada buku Wafa anak yaitu L untuk anak keterangan lancar dan KL untuk anak keterangan kurang lancar. Kelima, tahap penutupan (PS) dengan ustazah mengucapkan alhamdulillah dan shadaqallahul adzim bersama anak dan dilanjutkan dengan pemberian penguatan seperti pujian dan penghargaan kepada anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:32
Last Modified: 05 Apr 2021 00:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26747

Actions (login required)

View Item View Item