Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantuan Media Kartu Berpasangan Terhadap Basil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Pembangunan Laboratorium UNP

Eriza, Putri (2020) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantuan Media Kartu Berpasangan Terhadap Basil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Pembangunan Laboratorium UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_ERIZA_PUTRI_15004007_15004007_2019.pdf

Download (425kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari dari hasil belajar IPA pada SD Pembangunan Laboratorium UNP yang masih rendah . Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantuan media kartu berpasangan terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA tema 6 panas dan perpindahannya siswa kelas V SD Pembangunan Laboratorium UNP. Penelitian ini menggunkan penelitian kuantitatif quasy eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Pembangunan Laboratorium UNP tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 40 orang siswa. Sampel penelitian terdiri dari 20 orang siswa kelas eksprimen dan 20 orang siswa kelas kontrol. Di kelas eksprimen menggunkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantuan media kartu berpasangan, sedangkan kelas kontrol menggunkan model pembelajaran berpusat pada guru. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas eksprimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantuan media kartu berpasangan 86,45 lebih tinggi dari pada nilai rata-rata kelas kontrol 77,45. Berdasarkan perhitungan uji t diperoleh hasil 1hitung 5,844 sedangkan 1tabel pada taraf a 0,5 adalah 2,000 jika dibandingkan, maka 1hitung lebih besar dari 1tabel yaitu 5,844> 2,000. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantuan kartu berpasangan berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tema 6 panas dan perpindahannya siswa kelas V SD Pembangunan Laboratorium UNP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:32
Last Modified: 05 Apr 2021 00:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26741

Actions (login required)

View Item View Item