Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) Terhadap Aktivitas Belajardan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD

Wardinal, Lise and Miaz, Yalvema and Mayar, Farida and Irdamurni, Irdamurni (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) Terhadap Aktivitas Belajardan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD. Jurnal Basicedu: Research dan Learning in Elemnetary Education, 3 (3). pp. 935-939. ISSN Print: 2580-3735 dan Cetak: 2580-1147

[img]
Preview
Text
lise wardinal.pdf

Download (291kB) | Preview
Official URL: https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view...

Abstract

Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen semu dengan bentuk Random Riset Group Control. Teknik sampelnya yaitu Simple Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelompok eksperimen kelas IV A menggunakan model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar di sekolah dasar yang diujikan dan diolah menggunakan uji t. Hasil angket aktivitas belajar sebelum pembelajaran diperoleh thitung = −1,220 dan test angket setelah pembelajaran diperoleh thitung = 2,397. Selain itu data yang menunjukkan hasil belajar pretest diperoleh thitung = −1,3774 dengan ttabel = 2,024 dan hasil belajar posttest thitung = 4,172 dengan ttabel = 2,024 pada taraf signifikansi ɑ = 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD 12 Padang Koto Gadang

Item Type: Article
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 03 Jun 2020 02:41
Last Modified: 03 Jun 2020 03:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26711

Actions (login required)

View Item View Item