Peningkatan Hasil Belajar Muatan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Tema Globalisasi melalui Metode Kooperatif Tipe Stad di Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 14 Luhak Nan Duo

Lusiana, Dewi and Firman, Firman and Neviyarni, Neviyarni and Irdamurni, Irdamurni (2019) Peningkatan Hasil Belajar Muatan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Tema Globalisasi melalui Metode Kooperatif Tipe Stad di Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 14 Luhak Nan Duo. Jurnal Neo Konseling, 2 (1). pp. 1-7. ISSN Print 2657-0556 – Online 2657-0564

[img]
Preview
Text
dewi lusiana.pdf

Download (328kB) | Preview
Official URL: http://neo.ppj.unp.ac.id/index.php/neo/article/vie...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan membahas tentang peningkatan hasil belajar muatan IPS pada tema globalisasi melalui penggunaan model Kooperatif Tipe STAD di kelas VI SDN 14 Luhak Nan Duo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Sasaran penelitian ini adalah Peserta didik kelas VI SDN 14 Luhak Nan Duo pada semester I tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 25 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan persentase dan reduksi data. Hasil penelitian menujukkan bahwa melalui model Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada muatan IPS tema globalisasi di kelas VI SDN 14 Luhak Nan Duo.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 03 Jun 2020 02:30
Last Modified: 03 Jun 2020 02:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26709

Actions (login required)

View Item View Item