Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 melalui Permainan Bocce Modifikasi bagi Anak Tunagrahita Sedang (Single Subject Research Kelas VIII di SLB Negeri 2 Padang)

Wahedatul, Wahedatul (2019) Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 melalui Permainan Bocce Modifikasi bagi Anak Tunagrahita Sedang (Single Subject Research Kelas VIII di SLB Negeri 2 Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_WAHEDATUL_14003027_5682_2019.pdf

Download (183kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada anak tunagrahita sedang yang belum mengenal lambang bilangan 1-10. Berdasarkan pada hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan lambang bilangan 1-10 kepada anak dan melihat apakah permainan bocce modifikasi dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan 1-10. Peneliti melakukan eksperimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Sebagai subjek penelitian adalah anak tunagrahita sedang berinisial X kelas VIII. Target behavior dalam penelitian ini mengenal lambang bilangan 1-10 dengan anak menyebutkan, menunjukkan mencocokkan dan membedakan bilangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi langsung melalui tes perbuatan dengan format pencatatan data. Data dianalisis menggunakan teknik analisis data visual grafik. Berdasarkan hasil analisis dalam kondisi dan antar kondisi didapatkan bahwa kemampuan mengenal lambang bilangan anak tunagrahita sedang meningkat secara positif setelah diberikan intervensi dengan menggunakan permainan bocce modifikasi. Kata kunci: tunagrahita sedang, lambang bilangan, permainan bocce modifikasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Jun 2020 09:20
Last Modified: 03 Jun 2020 09:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26705

Actions (login required)

View Item View Item