Permatasari, w and Yerimadesi, Yerimadesi (2020) Analisis Validitas dan Praktikalitas dari Modul Minyak Bumi Berbasis Guided Discovery Learning: Validity and Practicality Analysis of The Petroleum Module Based on Guided Discovery Learning. EduKimia Journal, 2 (1). pp. 25-31. ISSN 2502-6399
|
Text
2020. Permatasri & Yerimadesi ..Modul MB GDL...Edukimia.pdf Download (276kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan dan menganalisis validitas serta praktikalitas dari modul minyak bumi berbasis guided discovery learning untuk kelas XI SMA/MA. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp. Uji validitas dilakukan kepada 4 dosen kimia FMIPA UNP dan 2 guru kimia SMAN 8 Padang. Uji praktikalitas dilakukan oleh 2 guru kimia serta 30 siswa kelas XII SMAN 8 Padang pada tahun pelajaran 2019/2020. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket validitas dan praktikalitas. Data yang diperoleh dianalisis dengan formula kappa Cohen. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata momen kappa validitas modul (0,89), praktikalitas modul oleh guru (0,93) dan praktikalitas modul oleh siswa (0,82). Data tersebut memperlihatkan bahwa modul yang dihasilkan sudah valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1 |
Depositing User: | Mrs. Wiwi Sartika |
Date Deposited: | 31 May 2020 06:56 |
Last Modified: | 31 May 2020 06:56 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26669 |
Actions (login required)
View Item |