Perbandingan Metode Eksperimen Terbimbing Dengan Metode Eksperimen Bebas Termodifikasi Terhadap Basil Belajar IPA Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sekolah Dasar.

Agung, Pumomo. (2019) Perbandingan Metode Eksperimen Terbimbing Dengan Metode Eksperimen Bebas Termodifikasi Terhadap Basil Belajar IPA Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_AGUNG_PURNOMO_18124001_899_2020.pdf

Download (704kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi belum terlaksananya pembelajaran yang konkret dan efektif berdasarkan kurikulum 2013 serta pemilihan metode pembelajaran yang belum sesuai dalam pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar IPA peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan metode eksperimen terbimbing dan metode eksperimen bebas termodifikasi; (2) perbedaan hasil belajar IPA peserta didik laki-laki dan perempuan yang diajarkan dengan menggunakan metode eksperimen terbimbing; (3) perbedaan hasil belajar IPA peserta didik laki-laki dan perempuan yang diajarkan dengan menggunakan metode eksperimen bebas termodifikasi. Jenis penelitian quasi eksperimen berupa Factorial design dengan rancangan the static group comparison design. Populasi adalah seluruh siswa kelas V SD Kartika 1-11 yang terdiri dari sebanyak 6 kelas. Sampel penelitian siswa kelas VC dan kelas VD. Teknik pengambilan sampel adalahpurposive sampling, pemilihan perlakuan pada sampel menggunakan random sampling. Data penelitian diperoleh dari tes hasil belajar IPA pretest dan postest. Data dianalisis dengan uji-t. Basil penelitian menunjukan bahwa: (1) hasil belajar IPA peserta didik dengan menggunakan metode eksperimen terbimbing lebih tinggi dengan g 0.49 dibandingkan dengan menggunakan metode eksperimen bebas termodifikasi dengan g 0.31 dan Thitung 3.80 > Ttabel 1.68; (2) hasil belajar IPA peserta didik laki-laki lebih tinggi dengan g 0.50 dibandingkan dengan hasil belajar IPA perempuan dengan g 0.49 diajarkan menggunakan metode eksperimen terbimbing Thitung 6.46 > Ttabel 1.73; (3) hasil belajar IPA peserta didik perempuan lebih tinggi dengan g 0.18 dibandingkan dengan hasil belajar IPA laki-laki dengan g 0.34 diajarkan menggunakan metode eksperimen bebas termodifikasi Tthitung 26.06 > Ttabel 1.73. Masing-masing hipotesis dengan taraf kepercayaan 95%, taraf nyata a = 0.05

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 28 May 2020 00:26
Last Modified: 28 May 2020 00:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26627

Actions (login required)

View Item View Item