Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Materi Penyajian Data Berbasis Lectora Inspire dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning di Kelas IV Sekolah Dasar

Tasrif, Nada Clara Pratiwi (2019) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Materi Penyajian Data Berbasis Lectora Inspire dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning di Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_NADA_CLARA_PRATIWI_TASRIF_4109_2019.pdf

Download (308kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan dilapangan bahwa guru belum sepenuhnya mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik. Hal ini dilhat ketika melakukan observasi tanggal 8 Maret 2019 di SD Plus Marhamah kota Padang peserta didik sudah sering menggunakan alat Teknologi Komunikasi dan Informasi seperti menggunakan komputer di sekolah, menggunakan laptop dan smartphone di rumah, namun dalam proses pembelajaran matematika belum menggunakan alat Information Communication and Tecnology (ICT) sehingga pembelajaran matematika yang dilakukan peserta didik bersama guru kurang menarik, hal ini ditunjukan dalam pembelajaran peserta didik bersama guru menggunakan perangkat pembelajaran berupa buku paket dan buku pegangan peserta didik, serta peserta didik terlihat kurang berpartisipasi dalam pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar peserta didik. Peserta didik juga belum pernah mengerjakan Lembar Kerja Peserta Didik berupa cetakan maupun berbasis Information Communication and Tecnology (ICT). Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD Plus Marhamah Kota Padang. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik ini mengacu pada model yang dikemukakan oleh Borg & Gall. prosedur pengembangan merancang lembar kerja peserta didik ini peneliti batasi menjadi 5 bagian, yakni perencanaan, pengembangan produk awal, validasi produk, uji coba, dan produk Akhir. Hasil validitas Lembar Kerja Peserta Didik rata-rata validasi 4,74 dengan kategori sangat valid. Selanjutnya hasil uji coba praktikalitas Lembar Kerja Peserta Didik dinyatakan sangat praktis. Hal ini terlihat dari hasil respon guru yang telah dilaksanakan mendapatkan hasil 91,67 dengan kategori sangat praktis dan hasil respon siswa sebesar 87,73 dengan kategori sangat praktis . Dengan demikian, Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Lectora Inspire dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning materi penyajian data yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dan sangat praktis dan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 20 May 2020 06:25
Last Modified: 20 May 2020 06:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26613

Actions (login required)

View Item View Item