Pengembangan Panduan Pengunaan Mastercam Pada Mata Pelajaran NC-CNC dan

Putra, Rahmad Fariska and Syahril, Syahril and Yufrizal, A and Arafat, Andril (2020) Pengembangan Panduan Pengunaan Mastercam Pada Mata Pelajaran NC-CNC dan. Jurnal Vokasi Mekanika, 2 (1). pp. 46-52. ISSN Print: 2656-2812 dan Online: 2656-1697

[img]
Preview
Text
3. a) Pengembangan Panduan Pengunaan Mastercam Pada Mata Pelajaran NC-CNC dan CAM.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://vomek.ppj.unp.ac.id/index.php/vomek/article...

Abstract

Kurangnya bahan ajar mandiri dalam pembelajaran membuat belum optimalnya hasil belajar yang diperoleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan panduan pembelajaran penggunaan Mastercam serta mengetahui kelayakan media panduan dan keefektifan penggunaan media panduan pada mata pelajaran NC/CNC dan CAM. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model pengembangan Borg and Gall. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Payakumbuh pada tahun ajaran 2019/2020. Tahap pengembangan panduan penggunaan Mastercam meliputi: Tahap pengukuran kebutuhan dan studi literature, Tahap perencanaan pengembangan produk, tahap pengembangan draft produk dengan mengujikan kepada ahli materi dan ahli media, tahap uji coba, tahap revisi hasil uji coba, tahap uji efektivitas produk dan penyempurnaan produk akhir. Pengumpulan data dengan menggunakan angket (kuesioner) dan soal (pretest-posttest). Teknik analisis data yang dilakukan dengan deskriptif kuantitatif dan membandingkan hasil uji pretest sebelum diterapkan panduan pembelajaran dan posttest setelah diterapkan panduan pembelajaran pada kelas XII TPM 1. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran berupa panduan penggunaan Mastercam untuk mata pelajaran NC/CNC dan CAM. Media panduan pembelajaran secara keseluruhan dinyatakan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar mandiri bagi siswa, atas dasar penilaian dari ahli materi, guru mata pelajaran, ahli media, hasil uji coba I dan uji coba II secara keseluruhan mendapatkan nilai rata-rata sebesar 4,42 dengan kriteria sangat baik. Uji efektivitas panduan pembelajaran ini memperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 84,167 yang lebih tinggi dari nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 57,976. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media panduan penggunaan Mastercam efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 19 May 2020 03:07
Last Modified: 19 May 2020 03:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26605

Actions (login required)

View Item View Item